Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ringkasan Materi PPKn Kelas 8 Bab 5 "Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika"



CecepGaos.Com - Halo Sahabat Edukasi! Selamat datangkembali di blog sederhana media informasi pendidikan CecepGaos.Com. Setelahmempelajari materi PPKn Kelas 8 Bab 4, saya ingin berbagi ringkasan materi PPKn Kelas 8 Bab 5 tentang "Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika" berikut ini!

SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

A.  Arti dan MaknaSumpahPemuda dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia

1.    Peran PerjuanganPemudadalamOrganisasiKepemudaan
Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atauSumpah Pemudamerupakan suatu pengakuan dariPemuda-Pemudi Indonesiayang mengikrarkansatu tanah air, satubangsa dan satubahasa. SumpahPemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesiayang hingga kini setiaptahunnya diperingati sebagaiHari SumpahPemuda. Pada tahun 1908,bangsa Indonesia mulai bangkit.

Berdirinya Budi Utomo mendorong bermunculannya organisasi Pemuda,sepertiberikut.

1)   TrikoroDharmo(TK)
TrikoroDharmodidirikan oleh R.SatimanWiryosanjoyo,dkk.di GedungSTOVIA Jakarta pada tahun 1915. Trikoro Dharmo merupakan cikal bakal JongJava.TrikoroDharmomemiliki tigavisimulia, yaitu:sakti berarti kekuasaandankecerdasan, budiberartibijaksana, dan bhaktiberartikasihsayang.Visiini kemudian dikembangkandalamtiga tujuan Trikoro Dharmo sebagaiberikut.
a.    Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolahmenengahdankejuruan.
b. Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya. 
c. Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.

2)   Jong SumateranenBond
Organisasi kepemudaanPersatuan Pemuda-PelajarSumateraatau JongSumateranenBond, didirikan pada tahun 1917 di Jakarta. Pada Kongresketiga,Jong Sumateranen Bond melontarkan pemikiran Moh. Yamin, yaitu anjuran agarpenduduk Nusantaramenggunakanbahasa Melayu sebagaibahasa pengantar dan bahasapersatuan. JongSumateranenBond melahirkan tokoh-tokoh besarsepertiMoh.Hatta,Moh.Yamin,danBahder Johan.

3)   Jong Ambon, Jong Minahasa, Jong Celebes
Jong Ambondidirikan pada tahun 1918. Selanjutnya,antaratahun1918–1919, berdiri Jong MinahasadanJong Celebes. Salahsatu tokoh yanglahir dari persatuanpemuda Minahasaadalah Sam Ratulangi.

Organisasi Pemuda lainnya yang bergerak untuk mewujudkan cita-cita Indonesia merdekaadalah Sekar Rukun(1919), Jong Betawi(1927), dan JongBataks Bond(1925). Semua organisasidi atas nantinyamendoronglahirnya SumpahPemuda.
Pada tahun1926, berbagai organisasi kepemudaan menyelenggarakan Kongres Pemuda I di Yogyakarta. KongresPemuda I, telah menunjukkanadanya kekuatanuntuk membangun persatuan dariseluruhorganisasi pemuda yang adadiIndonesia. Kongres PemudaI berhasil merumuskan dasar-dasar pemikiran bersama.Kesepakatanitumeliputi dua hal berikut.
a.   cita-cita Indonesiamerdeka menjadicita-citasemua pemudaIndonesia, dan
b.   semua perkumpulan pemuda berdaya upaya menggalang persatuan organisasi pemuda dalam satuwadah.

RumusanSumpah PemudaditulisolehMoehammad Yamin pada selembarkertasketikaMr.Sunario, sebagaiutusan kepanduantengah berpidato pada sesiterakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan secarapanjang lebarolehMuh.Yamin.

Isi dari SumpahPemuda HasilKongres PemudaKeduaadalah sebagai berikut:
PERTAMA: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah DarahJangSatoe,TanahIndonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia,MengakuBertumpah Darahyang Satu, Tanah Indonesia).
KEDOEA    :  Kami  Poetera dan Poeteri Indonesia,  Mengakoe BerbangsaJangSatoe,Bangsa Indonesia.(KamiPutradanPutriIndonesia, Mengaku Berbangsa yangSatu, BangsaIndonesia).
KETIGA      :  Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.(KamiPutradanPutriIndonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan,BahasaIndonesia).

2.    ArtidanMakna Sumpah Pemuda dalam PerjuanganKemerdekaan Republik Indonesia
SumpahPemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukanhanya menggerakkanparapemuda untukmeraih kemerdekaan,tetapijuga mempertegasjati diribangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangatyangterus terpatri dalam hati sanubari para pemuda. Suatu semangat yang dibangunatas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang kemudian dibungkus dengan komitmenuntuk senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasauniversal antarbangsa, bahasaIndonesia.

Semangat SumpahPemuda dapat dijabarkandalamnilai-nilaiberikut ini:
a.   KamiPutradanPutri Indonesia, MengakuBertumpah Darah yang Satu, TanahIndonesia.
Tanah Indonesiaadalah seluruh wilayahIndonesia baikdi darat dan di laut.NegaraKesatuanRepublik Indonesiamemiliki luaswilayah daratandanlautan sebesar5.180.053 km². Wilayahyang luas ini menempatkanIndonesia sebagainegaraterluas ke-7di dunia setelahRusia, Kanada, Amerika Serikat,Cina, Brasil,danAustralia.
Menurut letak astronomi, Indonesia terletak pada LU (Lintang Utara) 11° LS(LintangSelatan)danantara95° BT (Bujur Timur) – 141° BT (BujurTimur).Indonesia disebutjuga Nusantara, Nusantaraberartikepulauanyang terpisahkanolehlautan. Jumlah kepulauan yangdimiliki Indonesiasebanyak13.466 pulau.

b.    Kami Putra dan PutriIndonesia, MengakuBerbangsayangSatu,Bangsa Indonesia.
Pengakuan kita sebagai bangsa Indonesia merupakan bentuk dari paham kebangsaan.Pahamkebangsaandisebut jugakesadaran berbangsa. RasakebangsaanIndonesia tumbuhdari sejarah panjangbangsa. Berawaldari hasrat ingin bersatupenduduk yangmempunyai latar belakang yangsangat majemuk,kemudianberkembangmenjadi keyakinanuntuk menjadisatu bangsayang akhirnyadideklarasikanolehsejumlah pemudapadasaatKongres Pemudatanggal28 Oktober 1928.

c.     Kami Putra dan PutriIndonesia, MenjunjungBahasaPersatuan, Bahasa Indonesia.
SumpahPemuda menegaskan bahwa bahasapersatuan adalahbahasa Indonesia.BahasaIndonesia memilikiperanyang sangat menentukan dalam perkembangankehidupan bangsaIndonesia.

B.  MemaknaiSemangatKejuanganPemuda dalam Perjuangan Kemerdekaan RepublikIndonesia
Sejarahmencatatbeberapa pejuang nasional yang berjuang dan meninggal di usia muda. Para pahlawan tersebut di antaranya sebagaiberikut.

1.    WageRudolf Supratman
Wage Rudolf Supratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903, di Purworejo, dan wafatpadatanggal17 Agustus 1938 ketika berusia 35 tahun. Lagu ciptaan Supratmanberjudul Indonesia Rayamenjadi lagu kebangsaan negara Indonesia.

2. Chairil Anwar
Chairil Anwaradalah penyair Angkatan ‘45 yangterkenal dengan puisinyayang berjudul Aku.Berkat puisinyaitu, iamemiliki julukanSiBinatang Jalang.Chairillahir di Medan, 26 Juli 1922.

3.    WolterMonginsidi
WolterMonginsidi merupakanPahlawanNasional Indonesia yang ikut memperjuangkan kemerdekaa Indonesia. Beliau lahir  di  Manado,  pada  14 Februari 1925 dan wafat di usia 24 tahun pada 5 September 1949. Semangat Juang Wolter Muda muncul  karena  melihat  penjajahan di Bumi Pertiwi  yang tiada berkesudahan  dan  makin menjadi-jadi. Banyak perlawanan terhadap penjajah yang dipimpin  oleh Wolter muda ini.  Pada  tanggal 28 Februari 1947, ia ditangkap oleh bala tentara Belanda di Sekolah SMP Nasional Makassar. Wolter Monginsidi kemudian dipenjara.  Kakinya dirantaidan dikurung di balik terali besi.

4. I Gusti Ngurah Rai
I Gusti Ngurah Rai lahir di Badung, 30 Januari 1917.I Gusti Ngurah Rai merupakananak dari seorang camat Petang, I Gusti Ngurah Palung. Tertarik dengan dunia militersejakkecil,NgurahRaibergabungdenganHIS Denpasar,lalumelanjutkandenganMULOyang ada di Malang.

Adapun nilai-nilai luhuryang terkandungdalamSumpah Pemudaadalah sebagai berikut.
1.  Cinta Bangsa dan TanahAir
2.  Persatuan
3.  Sikap Rela Berkorban
4.  Mengutamakan KepentinganBangsa
5. DapatMenerima dan MenghargaiPerbedaan
6.    Semangat Persaudaraan
7. Meningkatkan Semangat Gotong Royong atau KerjaSama

C. Nilai Semangat Sumpah Pemuda Masa Sekarang
Terjadinya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 itu sendiri menunjukkan bahwa pemudaIndonesia memilikihal-halberikut.
a. Potensi
b. Tanggung jawab
c. Hak
d. Karakter
e. Aktualisasi diri
f. Cita-cita

Perjuanganpemuda di masa lalu,tentulahberbeda dengan perjuangan generasimuda zaman sekarang. Pemuda zaman sekarang hidup dengan aman dan bebas, tidak ada tekanan dan peperangan. Dalam menuntut ilmu pun, semua warga negara dapat mendapatkan pendidikan yangsama dan sederajat.Tidakterlalusulitnya tantangan yangdihadapi pemudasekarang, hal yangdibutuhkandari peran generasimuda,yaitu isikemerdekaan ini dengan kegiatan-kegiatan yangbersifat positif.
Kegiatanpositif pemudaterutamapelajardi samping giat belajar di antaranya mengikuti kegiatan memupuk rasa cinta tanah air dan patriot bangsa seperti aktifdi organisasi sekolah, seperti PMR,OSIS, Pramuka,Paskibra. Pelajar yangaktif di organisasi kepemudaanmereka Patut dianggap sebagaipatriotbangsa yangmengisikemerdekaan dengan karya nyatayang positif.
Pemuda seharusnya memahami simbol-simbol negara dan bagaimana memperlakukansimbol-simbolnegaratersebut.Memahami simbolnegarabertujuan untukmemperkuat persatuandankesatuanNegarakesatuanRepublik Indonesia,menjagakehormatanyang menunjukkan kedaulatanbangsa dan Negara Kesatuan RepublikIndonesia dan menciptakan ketertiban,kepastian, dan standarisasi penggunaanbendera,bahasa, dan lambang negara, sertalagukebangsaan.
Simbol-simbolnegaramenurutUndang-UndangNo.24 Tahun 2009 tentangBendera,Bahasa,danLambangNegara,serta Lagu Kebangsaan adalahsebagai berikut.
1) Bendera
Bendera negarayang dikibarkanpadaProklamasi KemerdekaanIndonesia tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakartadisebut Bendera Pusaka SangSaka Merah Putih.BenderaPusakaSang Saka Merah Putih disimpan dan dipelihara di Monumen Nasional, Jakarta.
Bendera negara terutama di instansi pemerintahwajibdikibarkantiaphari.Sekolahsebagai instansi pemerintahtentunyawajibmengibarkanbenderamerahputih setiaphari.

Bendera negara dapat dikibarkan dan/ataudipasang pada:
a.    kendaraanatau mobildinas;
b.   pertemuan resmipemerintah dan/atauorganisasi;
c.    perayaanagama atauadat;
d.   pertandinganolahraga; dan/atau
e.    perayaanatau peristiwalain.

Setiaporangdilarang:
a.     merusak, menyobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain  dengan  maksud menodai, menghina, atau  merendahkan kehormatan bendera negara;
b.   memakai bendera negara untukreklameatau iklan komersial;
c.     mengibarkan bendera negara yangrusak, robek, luntur, kusut,atau kusam;
d.   mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencanaatau bendaapapun pada bendera negara; dan
e.    memakai bendera negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkankehormatanbenderanegara.

2)   Bahasa
Bahasa Indonesia yang dinyatakan sebagai bahasa resmi negara dalam Pasal 36 Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 bersumber dari  bahasa yang  diikrarkan  dalam  Sumpah Pemuda  tanggal  28  Oktober  1928 sebagai bahasa persatuan yang dikembangkan sesuai dengan dinamika peradaban bangsa. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai jati diri bangsa, kebanggaan nasional, sarana pemersatu berbagai suku bangsa, serta sarana komunikasi antardaerah dan antarbudaya daerah. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, pengantar pendidikan, komunikasi tingkat nasional, pengembangan kebudayaan nasional,  transaksi dan dokumentasi niaga, serta  sarana  pengembangan  dan pemanfaatanilmupengetahuan,teknologi,seni,danbahasa mediamassa.

3) Lambang Negara
LambangNegaraKesatuanRepublik Indonesiaberbentuk GarudaPancasilayang kepalanyamenolehlurus kesebelah kanan,perisai berupa jantungyang digantungdengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika ditulis di ataspitayang dicengkeramolehGaruda. Memilikiparuh,sayap,ekor,dancakaryang mewujudkanlambangtenagapembangunan.

Garuda memiliki sayap yang masing-masing berbulu 17, ekor berbulu 8, pangkal ekorberbulu19, dan leher berbulu45. Di tengah-tengah perisaisebagaimanadimaksud dalam Pasal46 Undang-Undang No. 24 Tahun2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, sertaLaguKebangsaan,terdapatsebuahgaris hitamtebal yang melukiskan khatulistiwa. Pada perisai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46, terdapatlima buah ruang yangmewujudkandasarPancasilasebagai berikut.
a. Sila pertama dilambangkan dengan cahaya di bagian tengah perisai berbentuk bintang yangbersudut lima.
b. Silakeduadilambangkandengantali rantaibermata bulatandanpersegidi bagiankiribawah perisai.
c. Sila ketiga dilambangkan dengan pohon beringin di bagian kiri atasperisai.
d. Sila keempat dilambangkan dengan kepala banteng di bagian kanan atas perisai.
e. Sila kelimadilambangkandengankapas dan padidi bagiankanan atasperisai.

4)   Lagu Kebangsaan
Lagu Kebangsaan adalah lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman. Lagu Kebangsaan wajib diperdengarkandan/atau dinyanyikan:
a.   Untuk menghormati presiden dan/atau wakil presiden serta bendera negarapadawaktu pengibaranatau penurunanBenderaNegarayang diadakan dalam upacara.
b.   Dalam acara resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
Dalam acara ataupun kompetisi ilmu pengetahuan, teknologi, Olah raga internasional dan seni internasional yang diselenggarakan di Indonesia, dan lain sebagainya.


Demikianlah ringkasan materi PPKn Kelas 8 Bab 5 tentang ""Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika"

Semoga bermanfaat.

Sumber: Surya Saputra, Lukman et al. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud

Baca juga: Lembar Kerja Crossword (Teka Teki Silang/TTS) Kelas 8 Bab 5 "Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika"