Inilah Profil Pelajar Pancasila Yang Perlu Guru Ketahui dan Siswa Miliki
Inilah Profil Pelajar Pancasila Yang Perlu Guru Ketahui dan Siswa Miliki
Sumber gambar: cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/ |
CecepGaos.Com - Halo, Sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru.
Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Profil Pelajar Pancasila dari Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa tujuan blog CecepGaos.Com membagikan informasi ini adalah agar informasi tentang Profil Pelajar Pancasila dapat tersebar lebih luas dan diketahui oleh sebanyak-banyaknya guru atau pendidik dan siswa di seluruh Indonesia, sehingga dapat dimiliki dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dikutip dari laman cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id, ada enam karakter dan kemampuan yang harus dimiliki oleh Pelajar Pancasila, yaitu (1) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia; (2) Berkebhinekaan Global; (3) Bergotong Royong; (4) Mandiri; (5) Bernalar Kritis; dan (6) Kreatif.
1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajara agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia adalah sebagai berikut.
- Akhlak beragama
- Akhlak pribadi
- Akhlak kepada manusia
- Akhlak kepada alam
- AKhlak bernegara
2. Berkebhinekaan Global
Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.
Elemen kunci berkebhinekaan global adalah sebagai berikut.
- Mengenal dan menghargai budaya
- Kemampuan komunikasi interkurtural dalam berinteraksi dengan sesama
- Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan
3. Gotong Royong
Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan sukarela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.
Elemen kunci gotong royong adalah sebagai berikut.
4. Mandiri
Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.
Elemen kunci mandiri adalah sebagai berikut.
5. Bernalar Kritis
Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.
Elemen kunci bernalar kritis adalah sebagai berikut.
- Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
- Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
- Merefleksi pemikiran dan proses berpikir
- Mengambil keputusan
6. Kreatif
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.
Elemen kunci kreatif adalah sebagai berikut.
- Menghasilkan gagasanyang orisinal
- Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
Demikianlah informasi tentang Profil Pelajar Pancasila dari Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Semoga bermanfaat.
Sumber: https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=2817